Jenis-jenis Kebutuhan Manusia | Ekonomi Dasar

Kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya terdiri dari :

  1. kebutuhan pokok atau primer
    Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi, antara lain sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah). Kebutuhan ini tidak dapat diganti dengan yang lain dan apabila tidak terpenuhi dapat menimbulkan permasalahan dalam hidup manusia yang bersangkutan
  2. kebutuhan sekunder
    Kebutuhan sekunder, adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, misalnya perlengkapan rumah, perlengkapan sekolah, dll.
  3. kebutuhan tersier
    Kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah, adalah kebutuhan terhadap barang-barang yang bersifat mewah, misalnya mobil, motor, kulkas, TV, perhiasan, komputer, dan lain-lain.

Jenis kebutuhan menurut waktu dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi segera, misalnya obat bagi orang sakit, air bagi orang yang haus, makanan bagi orang yang lapar.
  2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya saat ini, namun manfaatnya baru dirasakan di masa yang akan datang, misalnya sekolah, menabung, asuransi, dan lain-lain.

Jenis kebutuhan menurut sifatnya:

  1. Kebutuhan materi atau kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bersifat kebendaan, misalnya makanan, minuman, pakaian, dan perumahan, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang bersifat kejiwaan, misalnya seseorang membutuhkan hiburan, rekreasi, pendidikan, perasaan aman, cinta, keindahan, seni, agama, dan gengsi.

Jenis kebutuhan menurut kelompoknya :

  1. Kebutuhan individu adalah kebutuhan untuk kepentingan perorangan atau pribadi, misalnya pakaian, makanan, pendidikan, ibadah, dan lain-lain.
  2. Kebutuhan bersama adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama dan untuk kepentingan bersama, misalnya sarana ibadah, pasar, puskesmas, sekolah, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>